tulisan



welcome, read, enjoy, and leave your sign here. no judgment, no prank

Senin, 06 September 2021

Dari Pengacara menjadi Abdi Negara (PNS)


Di post kali ini gue mau menceritakan jungkir baliknya kehidupan kerjaan gue sedari lulus kuliah. 

Seperti yang sudah pernah gue ceritakan sebelumnya di post  Post di tahun 2017, walaupun gak secara detail gue ceritakan tapi kurang lebih disitulah ceritanya gimana akhirnya gue menjadi seorang praktis hukum yaitu seorang Advokat.

Gue secara resmi menjadi Advokat terhitung sejak tahun 2019, tapi secara informalnya gue bekerja sebagai konsultan hukum sejak akhir tahun 2016.

Bekerja sebagai Advokat merupakan salah satu passion gue sejak duduk di bangku SMA dan semakin kuat sejak duduk dibangku perkuliahan. 

Gue sangat menikmati momen dimana gue secara resmi menjadi Kuasa Hukum perorangan maupun Badan Hukum. Dan berbagai pengalaman menarik lainnya yang bisa gue rasakan berkat menjadi Advokat. 

Salah satu. Yap. Gue memiliki banyak keinginan dan khayalan untuk menjadi ini dan itu. Sebut saja : Advokat/Pengacara, kemudian Pramugari, Banker, Penyanyi, selanjutnya tapi bukan akhir yaitu PNS.

******************

Alhamdulillah atas ridho Allah.. Gue bisa mewujudkan salah satu cita-cita Gue yaitu menjadi seorang Advokat. 

So, kita lanjutkan cerita kenapa akhirnya gue melepaskan profesi Advokat dan memilih menjadi seorang PNS. 

Sejak menjadi seorang Advokat keinginan gue untuk menjadi PNS sebenarnya udah lama banget gue lupakan dan tidak menggebu-gebu lagi. Gue udah sangat menikmati pekerjaan gue sebagai Advokat dari segi kerjaan, lingkungan maupun gaji. Semua gue rasa udah pas dan bahkan bisa gue katakan beruntung karena gue mendapatkan kenikmatan itu lebih dari yang didapetin temen-temen gue. 


Hingga akhirnya pada satu momen dimana gue rasa kenyamanan yang gue dapet engga bisa selamanya dan gue harus menemukan naungan lain yang bisa memberikan gue cerita baru dan atmosfer baru. 

Gue akhirnya mulai menjadi job seeker dan apply cv ke beberapa perusahaan. Hingga pada akhirnya meskipun sempat mendapat interview di beberapa tempat namun belum ada yang sesuai dengan yang gue harapkan. 

Sampailah pada saat gue iseng browsing dan tanpa sengaja mendapat info pembukaan CPNS tahun 2019. Lalu, dari situlah gue mulai merasakan kembali kenangan batin gue bahwa dulu menjadi PNS adalah salah satu cita-cita yang ada di list gue. 

Dengan pertimbangan matang dan observasi menyuluruh untuk segala aspek PNS pun gue lakukan agar tidak menjadi sia-sia apalagi kecewa diakhir. 

Namun sebenarnya gak banyak juga upaya yang gue lakukan ketika gue melamar menjadi peserta CPNS. Gue gak terlalu nguber dan juga gak terlalu pesimis. Biasa aja dan gue percaya kemampuan yang gue miliki. 


********************

Gue salut banget sama orang-orang yang niat dan usaha mati-matian belajar segala macem soal-soal dan buku tes CPNS agar bisa lolos menjadi CPNS. 

Meskipun gue gatau gimana rasanya berjuang mati-matian kaya gitu, karena gue kebetulan cuma sekedar belajar kalau lagi gak ada kerjaan kantor dan pas hari libur kerja aja. Jujur aja seperti yang sudah gue katakan bahwa gue gak terlalu menggebu jadi gue belajar sesempetnya aja aja. 

Tapi bukan berarti gue males-malesan, hanya sebisa mungkin gue lakukan dan berjuang semampu gue. 

Gue disini cuma mau sharing cara dan mungkin bisa dijadikan tips bagi orang-orang yang hanya punya sedikit waktu untuk persiapan ikut ujian CPNS. 

Belajar tes CPNS. 

Gue saat itu cuma punya waktu sekitar 2-3 bulan sebelum tes ujian SKD berlangsung. 

Pendaftaran dibuka bulan November tahun 2019, terus karena adanya pandemi jadwal ujian SKD diundur hingga ke bulan Maret-April 2020. lebih tepatnya gue lupa kapan, kira-kira rentang waktu tersebut.

pada momen menanti ujian SKD gue diberikan kesibukan sekaligus juga kelonggaran, kesibukannya yaitu gue lagi wara-wirinya ngurusin tetek bengek untuk pernikahan gue di bulan Agustus 2020, dan kelonggarannya adalah pas banget momen pandemi ini diberlakukan kebijakan WFH jadinya gue punya waktu lebih flexibel untuk belajar sekaligus bekerja dari rumah. 

sistem belajar yang gue lakuin saat itu adalah gimana caranya gue bisa menyerap semua teori dan materi-materi ujian SKD dalam waktu singkat tapi tepat, benar dan juga valid.

yang ada dibenak gue saat itu adalah :

1. Belajar dari buku-buku soal CPNS

2. Belajar online yang bersumber dari Youtube, Website gudang soal dan Media Sosial.

3. Ikut TO online/offline 

Untuk pilihan nomor 1 karena saat itu gue males beli buku soal-soal CPNS dan juga kayanya gue bakal jarang baca, akhirnya pilihan nomor 1 gue hapus.

gue akhirnya menjalani pilihan nomor 2 dan 3.

Selanjutnya pengumuman SKD keluar beberapa bulan berikutnya, alhamdulillah gue dinyatakan lulus SKD.

MUSIBAH

disaat otak gue sedang bercabang untuk urusan nikah dan juga tes CPNS, qodarullah keluarga gue diberikan cobaan, dimana Ibu gue meninggal. kondisi itu bikin gue gak fokus kerja dan juga sempet melupakan perjuangan ikut tes CPNS. sempet males juga belajar karena suka keingetan waktu gue belajar untuk tes SKD ibu gue selalu ngasih semangat. tapi akhirnya dengan dukungan dari suami yang saat itu masih jadi pacar gue, gue bisa bangkit dan pelan-pelan ikhlas dengan keadaan.

DILEMATIS

Perjuangan belum selesai sampai sini, selanjutnya adalah ujian SKB. berhubung selama 3 tahun jadi konsultan hukum asuransi, gue udah agak lupa dengan ilmu pidana, jadi gue harus belajar lagi dan sedikit mengulang pelajaran saat kuliah, walaupun jujur gue juga pas kuliah gak merhatiin banget apa aja yang udah gue pelajari tapi alhamdulillah pemahaman dan ilmu-ilmu hukum yang penting masih gue inget, sedikit. wkwk.

nah, disela-sela pekerjaan yang tiada habisnya gue suka nyolong-nyolong waktu untuk belajar mengenai kompetensi bidang ini (Maaf Pak Richard, mantan pegawainya begini), ada beberapa kali gue lupa ngerjain kasus Klien sampe pernah ditanyain bos, alhamdulillah masih bisa gue kebut wkwk.

setelah beberapa bulan gue menyembunyikan kegiatan gue mengikuti tes CPNS dari temen-temen kerja, akhirnya tibalah kondisi dimana gue gak bisa menyembunyikan ini karena gue butuh cari-cari alasan untuk izin kerja buat ikut tes SKB (wkwk maapin).

gue akhirnya minta bantuan mereka gimana caranya gue supaya bisa izin dan gak dicurigain, berhubung gue merasa kayanya sering banget izin. akhirnya mereka mau bantuin back up kerjaan dan juga memberikan gue semangat untuk ikut SKB.

pada momen disaat mereka semua tahu bahwa gue sudah ancang-ancang resign, gue sempet sedih dan juga bingung, karena beberapa temen kerja sempet menyampaikan kesedihannya kalau gue nanti udah gak kerja disitu. gue sempet labil saat itu, karena emang kerjaan yang ada selama ini menyenangkan dan juga temen-temen kerja yang udah akrab banget. sempet ada pikiran untuk berhenti berjuang CPNS, tapi akhirnya gue tetap bertekad untuk meneruskan.

akhirnya gue ikut SKB bulan September 2020 dan alhamdulillah sebulan setelah ujian keluar pengumuman bahwa gue lulus.

saat gue tahu gue lulus, gue gak kaget, biasa aja tapi bersyukur.

karena perasaan gue saat itu campur aduk, antara gak percaya bahwa "kok gue bisa lulus ya?" terus" ih gue jadi PNS nih", sama "duh gimana ya alasan resignnya, gue gak enak".

bahkan temen kerja gue juga pada ikutan bingung, "kok ada orang kaya lu ya? udah lolos CPNS tapi malah bingung (bingung mau resign) bukannya seneng"

ya begitulah kira-kira keanehan yang terjadi dalam diri gue.

setelah pengumuman lolos CPNS, gue pun minta pendapat dari temen-temen kerja gue gimana cara ngajuin resign ke bos gue. sumpah saat itu gue rasanya mau loncat aja dari gedung daripada harus masukin surat resign. gue bener-bener gak enak dan takut banget ngasih tau bos gue tentang sebenarnya, karena Beliau selama ini baik banget sama gue dan reward-reward pekerjaan yang dia berikan ke gue yang tambah bikin berat untuk ngomong jujur.

namun, pada akhirnya gue gak bisa lama-lama menyembunyikan ini karena keterbatasan waktu. Dimana bulan Desember 2020 gue udah terhitung sebagai CPNS Kemendagri.

RESIGN

akhirnya, awal bulan Oktober 2020 gue letakkan surat resign dimejanya sebelum dia datang.

jantung gue hari itu berdetak kencang nungguin dia datang, dan pas dia datang gue langsung lemes. gue udah prepare banget kalau dipanggil dan ditanya.

bener aja, beberapa menit setelah dia masuk ruangan, nama gue dipanggil "Raniiiiiiiii!"

saat itu temen-temen kerja gue udah masang mata semuanya melihat kearah gue dan ngasih semangat.

masuklah gue kedalam, dan dia...ketawa-ketawa...

Pak Richard : "hahaha. lu kenapaaa? apaan ini ran? coba kasih tau gue."

gue yang saat itu udah panik langsung makin buyar ngeliat dia ketawa, dengan spontan aja gue jawab 

"he he itu..surat pak"

"iyaa surat apa wkwk, lu duduk dulu ran, rilex"

"resign...pak hehe"

" lu ngapain? haha serius saya, resign apaan ran?"

"maaf pak..saya keterima jadi PNS pak hehe"

"hah? PNS wkwk sejak kapan lu mau jadi PNS?"

"hah? haha yaa gitu pak nyoba"

"udah nih suratnya gue kembaliin ya, kerja lagi sana, nanti saya atur sama Wulan untuk kamu."

"hah? haha gimana pak? itu saya udah dinyatakan lulus pak hehe"

"kapan emang lu kerja disana? masih lama kan. udah lu kerja aja dulu disini, disana tolak aja. bisa kan ditolak?'

"hahaha kalau ditolak saya di blacklist pak :D"

"hahaha biarin! lagian lu ngapain nyoba-nyoba PNS raniiii. udah sana kerja."


itulah percakapan awal ketika akhirnya Beliau mengetahui gue resign. gue sedih banget sebenernya dan sedikit merasa jahat sama Beliau karena resign. selama ini Beliau udah percaya banget sama gue dan kinerja gue, sampai berusaha menahan gue dengan segala penawaran-penawaran yang makin lama makin bikin gue gak enak dan gak mau buat Beliau merasa gak dihargai,  susah untuk gue tolak kalau gue gak bersikap teguh, sampai sempet dia minta gue untuk tetap bekerja dengan beliau seperti biasa namun dibalik layar, dimana waktunya fleksibel dengan waktu kerja gue jadi PNS, dan dia tetap gaji gue full seperti sebelumnya. 

Karena gue sangat menghargai Beliau sebenernya gue mau aja jadi freelance karena gue cinta sama pekerjaan gue sebelumnya, tapi gue tahu akan ada konsekuensi yang bisa jadi gak baik, buat gue maupun buat Beliau. akhirnya gue tolak tawaran itu dengan cara tidak baik, dimana gue langsung out dari kantor.

tujuannya agar gue gak ditawarin apapa lagi yang takutnya menyinggung Beliau.

******************************************

CPNS BARU

kini, sudah beberapa bulan gue menjalani kehidupan CPNS. adaptasi adalah salah satu cara untuk keberlangsungan disini. sempet kaget dengan beberapa kondisi yang berbeda dengan budaya kerja di swasta. Tapi gue harus menyesuaikan dan juga menjadi bagian dari instansi.

kadang masih merasa kangen dengan pekerjaan dan juga kehidupan kerja yang sebelumnya.

kalau dulu orang-orang tahunya PNS itu masuk kerja suka-suka dan pulang suka-suka, itu salah banget. 

sekarang kondisi itu udah jauh sekali berbeda, untuk masalah absensi kehadiran PNS sekarang udah ketat, jam absen tercatat otomatis di sistem dan gak bisa diubah-ubah apalagi nitip absen. Jujur guepun baru tahu perubahan kondisi ini ketika gue terdaftar di Kemendagri. Perasaan gue bangga banget saat tahu perkembangan kondisi ini, dimana sistem ini bagus banget, adil dan juga transparan. Gak ada lagi makan gaji buta atau kerja seenaknya. Gue pun sebagai CPNS juga merasa beryukur bahwa stigma orang-orang salah, alhamdulillah gaji gue berkah.

Terus, dulu orang-orang juga suka bilang bahwa PNS gak ada kerjanya. dulunya itu kapan? Dulu gue juga sempet percaya dengan rumor itu.

Tapi setelah gue jadi CPNS, rumor itu salah hahaha. Bukan hanya PNS, bahkan CPNS nya sendiri udah ada beban kerja dan bobot serta target kerja setiap bulannya dan harus dibuat laporan kerjanya per6 bulan sekali.

setiap bulannya, semua target kerja harus tercapai dan dilampirkan bukti kerjanya, dengan kata lain kita harus bener-bener kerja sist :) gak bisa ngarang-ngarang. Bahkan sehari aja bisa zoom meeting berkali-kali karena banyaknya agenda kerja.

Tapi boleh gak kita gak mencapai target kerja tersebut? boleh...tapi ada konsekuensinya, penilaian target kerja itu akumulasinya untuk naik pangkat dan juga Tunjangan Kinerja ;D hahaha.

intinya, kalau gak memenuhi target kerja sama dengan gak bisa naik pangkat, gak dapet tunjangan dan juga bisa di pecat :)

Jadi, kalau masih ada orang yang bilang PNS gak ada kerjaannya, itu salah banget. PNS sekarang jelas berbeda, kita juga ada penilain kerja dan juga penilaian perilaku.

Pengalaman gue sebagai CPNS memang baru saja dimulai, gue berharap kondisi PNS masa kini akan lebih baik dari sebelumnya. Selain itu gue juga berharap bisa betah, semangat dan juga menjaga integritas selama menjadi PNS. 

Jujur gue masih dalam tahap adaptasi banget dan belum terlalu dapat "feel"nya selama beberapa bulan ini, tapi alhamdulillah pekerjaan sehari-hari gue masih berhubungan dengan hukum. gue kangen banget menganalisa hukum, semoga aja nantinya gue bisa mendapatkan passion kerja gue dan dapat memberikan sumbangsih bagi instansi. 

yang jelas jadi PNS bener-bener sebuah pengabdian bagi negara, semua kerjaan  yang gue lakukan sehari-hari adalah untuk kepentingan masyarakat dan negara. Jadi mungkin ini salah satu tantangan sendiri dimana harus dilakukan dengan hati-hati dan juga penuh tanggung jawab.

selain itu, gue juga harus terus mengasah diri dan mengembangkan diri supaya gak ketinggalan di dalam instansi. 

intinya semua pekerjaan itu hebat, mau itu swasta atau sipil. semua punya peran masing-masing. 

gue berharap bisa memberikan yang terbaik.

BTW, sampai sini dulu.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan berkomentar :)

populer entry