tulisan



welcome, read, enjoy, and leave your sign here. no judgment, no prank

Rabu, 15 Januari 2020

L A M A R A N

Alhamdulillah...

18 Agustus 2019,

Salah satu tanggal yang memiliki arti bagi Gue dan Calon Suami :) sebagai suatu awal sekaligus pembuka ke pintu besar lainnya.
Jujur aja gue bingung mau mulai menulis dari mana dan mengungkapkan perasaan seperti apa.

Meskipun momen tersebut sudah lewat beberapa bulan yang lalu dan baru sekarang gue tuliskan.
tapi gak ada salahnya deh kalau mau gue share disini.

Oke akan gue ceritakan poin pentingnya,
semuanya dimulai dari sini.....

Bermula di Bulan Ramadhan 1440 H

sebenarnya obrolan gue dan calon suami tentang lamaran udah dari awal tahun 2019, tapi cuma sekedar basa-basi dan omongan ringan "kira-kira kita kapan ya bisa lamaran?haha" ... "mungkin sekitar tahun 2020 atau 2021 hehehe " 

ya cuma pembahasan ringan dan berlalu begitu saja. secara gue juga merasa belum terlalu siap karena masih banyak hal-hal lain yang mungkin belum bisa diwujudkan.

tapi, kehendak Allah memang bisa gak kita tebak dan gak bisa kita tolak. 
tiba-tiba memasuki bulan Ramadhan 1440 H, calon suami gue ngomong : beberapa waktu lalu orang tua aku ada pembicaraan, mau silahturahmi ke keluarga kamu habis lebaran”...”dalam rangka apa?” ...”nanti kamu main aja kerumah, inshaAllah mau bicarain tentang kapan kita lamaran”

kaget dong gue, senang, gak percaya, bingung, semua jadi satu. Karena memang yang gue tahu maupun calon suami gue tahu bahwa situasi yang ada pada saat itu  masih belum memungkinkan kita untuk lamaran, ditambah kakak perempuan gue yang belum juga punya pacar. Jadi gue merasa kebahagiaan gue masih kurang kalau lamaran mendahului dia.

Dan singkat cerita gue sampaikan hal baik tersebut kepada orang tua gue, alhamdulillah mereka menerima dan menyambut hal baik tersebut.


Pembahasan dan Persiapan Lamaran

Setelah orang tua kami masing-masing tau niat baik tersebut, tibalah saat dimana kita berdua konsultasi kepada Pakdenya calon suami gue tentang kapan ya baiknya kita lamaran, dan singkat cerita ketemulah tanggal tersebut.

Tapi ternyata gak semudah itu ferguso, selesai masalah tanggal ternyata kita sempet dapet ujian juga dari Allah :’D
Dimana antara ortu gue dengan ortu ayang beb terjadi miss communication :’D
Yang mana hal tersebut sempet bikin pusing tujuh keliling dan sempet bikin tidur gak nyenyak, makan gak nafsu dan berteteskan air mata wkwk.
Sempet takut banget kalau sampai gak jadi lamaran X’D

Selain itu, hal yang bikin sempet pusing lainnya adalah persiapan lamaran.
Sebenarnya gue punya waktu yang lumayan panjang sampai dengan hari H, yaitu sekitar 2 bulan.
Gue, keluarga, ayang beb dan keluarga ayang beb sepakat untuk mengadakan acara lamaran yang sederhana saja, dirumah gue.

Hal pertama yang menjadi fokus gue adalah mengenai biaya atau anggaran buat gue lamaran.
Alhamdulillah biaya acara lamaran kemarin bisa gue wujudkan dari sebagian hasil tabungan gue sendiri tanpa bantuan dari orang tua. Yap. Itulah yang sejak dulu gue bayangkan, sebisa mungkin kalau gue udah kerja dan punya rezeki gue gamau bebanin orang tua gue.

Gue muter otak gimana caranya dan berapa budgetnya untuk acara sekali seumur hidup ini bisa gue wujudkan sesuai dengan kemampuan gue sekaligus mixing sesuai dengan harapan gue. Dimana budget tersebut gue atur sedemikian rupa untuk hal-hal krusial terlebih dahulu.

Selang waktu berjalan untuk persiapan lamaran gue hiasi dengan searching info-info nya melalui google, beberapa poin yang gue cari dan kumpulkan untuk acara lamaran kemarin ada :

a.      Biaya lamaran
b.     Baju + Make up
c.      Makanan
d.     Dekorasi
e.      Dokumentasi
f.       Tamu
g.     Pembicara


Cari Cincin

Gue, ayang beb dan Ibu camer cuma sekali aja cari cincin di tempat langganan Ibu. Alhamdulillah nemu yang sesuai dengan kemauan kita yang rada gak jelas ini hehehe. 
Pas cari cincin, Ibu dan ayang beb juga sekalian beli untuk emas kawin. karena males bolak balik lagi jadi sekalian aja beli dan disimpan.


Dekor Menjelang Lamaran

Jujur bagi gue sebenarnya biaya lamaran paling besar adalah untuk dekor dan konsumsi.

Dekor yang gue maksud disini bukan cuma backdrop lamaran aja, tapi gue sempat melakukan renovasi kecil dirumah, tujuannya supaya lebih bersih dan lebih enak dipandang.
Dan berbicara tentang dekor rumah bisa dibilang lumayan juga biayanya, meskipun hanya mengganti list langit-langit, ngecat tembok dan ngecat langit-langit.

40 hari sebelum hari H gue udah beli cat di Mitra 10, pengerjaan dekor rumah itu kami lakukan 2 minggu menjelang hari H.
Terus manggil tukang gak? Enggaklah, lagi-lagi yang turun tangan ngecat pun gue juga :’D plus dibantu bokap dan kakak gue serta adik-adik gue wkwk.

Sampai 2 hari sebelum hari H pun gue masih sempet ngecat tembok teras XD. Yaa sebenarnya gak gue doang tapi ayang beb gue paksa buat bantuin meskipun dia ngedumel wkwk.

Kurang strong apa coba gue?

Nah, udah kelar dekor rumah, baru deh buat backdrop ala-ala instagram gitcu.

Lamaran kemarin gue gak pakai jasa backdrop dari mana-mana, alias gue bikin sendiri, alis ngirit wkwkwk.

Emang bisa bikin backdrop sendiri? Emang gak mahal?terus bagus gak?
Jawabannya bisa, dan mahal atau gaknya ya sepintarnya kita nyari perlengkapan. Untuk masalah bagus ya itu balik lagi ke kreatifitas.

Gue mulai ngumpulin bahan dan alat untuk backdrop berbarengan dengan nyari-nyari cat sampai 2 hari sebelum hari H.
Untuk alat-alat gue beli dari online shop, pasar sekitar dan untuk bunga gue beli di Rawa Belong, 1 hari sebelum hari H.

Btw, gue ke Rawa Belong pas malam hari 2 hari sebelum hari H, karena katanya bunga-bunganya baru pada datang dan fresh, kebetulan yang gue lihat kurang lebih begitu.  gatau juga sih ya kalau siang gimana. Tapi sekedar tips ya mendingan malam hari kesananya karena udara gak panas dan pulang pun gak macet.

Untuk harga bunga sendiri dimulai dari yang paling murah Rp. 20.000 per satu bundle bunga namun gue lupa untuk jenis bunganya apa. 
Yang gue inget untuk satu bundle bunga Hydrangea itu lumayan banyak kalau mau dijadikan bouquet.

Alhamdulillah, sisa bunganya untuk pemasangan backdrop yang dibantuin Bang Erik, temennya abang gue hehehe.


Konsumsi

Lagi-lagi berbicara tentang kreatifitas diri alias irit wkwk, untuk konsumsi juga gue gak pesan dari katering mana-mana. Gue masak sendiri dibantuin sama kakak gue. Alhamdulillah gue dikasih bakat bisa masak jadi yaa gue berani untuk masak wkwk.

Tapi jujur aja, masak sendiri untuk berbagai jenis masakan dengan porsi yang banyak itu capek! Emang gak seharusnya sih gue masak begitu wkwk.
Sebenarnya sih dari awal gue udah tau bakal capek, dan sejak awalpun sebenarnya udah mau pesan makanan aja, akan tetapi karena gue sibuk kerja dan beberapa hari sebelum hari H Ibu gue masuk Rumah Sakit, jadi konsentrasi gue buyar dan gak tau harus pesan makanan kemana dan yang mau ambil siapa. Akhirnya gue memutuskan untuk masak aja!

Konsumsi kemarin gue bikin untuk 200 orang dan gue cari bahan makanan di Lotte Mart, adapun makanan yang gue masak untuk acara lamaran :

1.     Sambel kentang ati
2.     Ayam saus jamur
3.     Sayur capcai
4.     Skotel
5.     Semur Daging
6.     Bakso
7.     Puding
8.     Es buah
9.     Kerupuk
10. Nasi putih

Sumpah gak bohong, gue dan kakak gue begadang sampai jam 2 pagi buat masak itu semua x_x.
Tapi, itu semua terbayar dengan impas ketika keluarga dari ayang beb gue memuji rasanya. Alhamdulillah gak kecewa wkwkwk.

Selain konsumsi, alat-alat makan pun gue beli dari online shop dan pasar sekitar, adapun alat-alatnya :

1.     Piring rotan
2.     Sendok + garpu
3.     Gelas
4.     Paper bowl
5.     Kotak makan


Kebaya dan Batik Lamaran

Kebaya lamaran gue cari di Thamrin City, selepas pulang kerja. Gue beli 1 bulan sebelum hari H dan gue kecilin 2 minggu kemudian. Tujuannya supaya gue bisa ngepasin bajunya gak kegedeaan ataupun kekecilan pas dipakai hari H.

Lamaran kemarin gue gak sarimbit dengan mamasku, karena ribet menyatukan pikiran wkwk. Akhirnya kita beda-beda motif dan warna.

Dan berbicara tentang Make Up, untuk lamaran kemarin pun gue make up sendiri XD.

(gila yah apapa sendiri. kok pede banget yah gue kerjain semuanya sendiri XD)


Tamu

Tamu yang hadir selain keluarga gue dan keluarga mamas, ada beberapa keluarga dari Mamah yang dateng dan juga ada beberapa tetangga sekitaran rumah gue. Untuk teman-teman gue emang gak ngabarin ke siapa-siapa, cuma sobat-sobat terdekat yang kebetulan rumahnya juga dekat.


Dokumentasi

Untuk dokumentasi sendiri gue memanfaatkan jasa sodara dari mamasku Irfan, yang tentu aja gak usah bayar alias gretong wkwk.

Pembicara

Untuk pembicara yang mewakili keluarga gue diserahkan kepada Tetangga gue yang dipercaya bisa memberikan kata-kata sambutan yang seharusnya.

---------------------


di lamaran kemarin gue gak ada acara seserahan. hanya ada hantaran dari pihak mas Irfan. seserahan kami sepakati dilaksanakan pas akad nikah. jadi review seserahan tidak bisa gue jabarkan disini.

oke jadi ini sedikit cuplikannya hehe :D






Sekian sedikit ulasan mengenai lamaran gue beberapa bulan lalu. Terima kasih sudah membaca .



see you 
<3





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan berkomentar :)

populer entry